Yang pertama ada itu makrifatullah, makanya disebut "awwaluddin ma'rifatullah", awal keyakinan itu ma'rifatullah.
baru turunlah hakekat, baru turunlah tarekat, baru turunlah syariat.
makrifatullah itu ada dalam gerak nurani, lalu dari gerak nurani timbullah gerak qolbu menjadi hakekat, lalu timbullah gerak akal menjadi tarekat, lalu timbulah gerak tubuh menjadi syariat.
Jadi syariat itu turun berawal dari makrifat, berawal dari bahasa "nurani insan".
Bahasa nurani inilah ungkapan TUHAN sejati.
baru turunlah hakekat, baru turunlah tarekat, baru turunlah syariat.
makrifatullah itu ada dalam gerak nurani, lalu dari gerak nurani timbullah gerak qolbu menjadi hakekat, lalu timbullah gerak akal menjadi tarekat, lalu timbulah gerak tubuh menjadi syariat.
Jadi syariat itu turun berawal dari makrifat, berawal dari bahasa "nurani insan".
Bahasa nurani inilah ungkapan TUHAN sejati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar